Menemukan Rumah bagi Passion

Entah sejak kapan saya begitu tertarik dengan cerita orang lain alias biografi. Yang saya tahu saya tak bisa berhenti untuk mengintip cerita orang lain. Bahkan, saat lagi di kantor sekalipun.

Misalnya, sekarang, seharusnya saya memikirkan kerjaan yang deadline-nya cukup ketat berhubung dipotong libur lebaran, tapi entah kenapa saya malah menemukan sebuah pemikiran baru yang menghentakkan batin saya.

Tak ada orang yang berhasil hanya dengan menyelami rasa puas atau bangga dengan pencapaian yang diraihnya. Semua orang memiliki passion-nya masing-masing. Namun, beberapa pola yang sama yang saya temukan dari membaca profil fotografer-fotografer dunia, yaitu mereka selalu haus akan foto. Mereka tak pernah puas akan apa yang mereka lihat, karena mereka tahu ada yang lebih indah dibandingkan apa yang telah indra penglihatan mereka cicipi. Di tengah pencarian itu, pasti ada satu titik yang mengubah hidup mereka. Total.

Saya baru saja menyelesaikan sebuah video pendek berdurasi 2 menit. Dia adalah seorang fotografer yang mencoba sky diving, dan bertahun-tahun setelahnya, dia menemukan bahwa inilah yang ingin dijalaninya. Memotret di udara dengan waktu kurang lebih 1 menit, terombang-ambing angin, nyawa menjadi tak pasti. Tapi... dia bahagia. Sangat bahagia.

Saya percaya, nantinya ada momen untuk menyelesaikan apa yang selama ini kita kejar. Lalu, kita akan melepaskannya dengan sukarela. Sebab, kita telah menemukan. Untuk itu, kita tak akan mencari apa yang pernah kita kejar sebelumnya. Sebaliknya, di titik itu pula, kita menemukan tempat baru. Tempat yang selama ini mungkin ingin kita kejar, tapi mata kita tertutup debu tipis sehingga buta untuk melihatnya. Namun, tak ada rasa penyesalan. Rumah baru kita itu adalah hasil dari penemuan yang selama ini kejar. Seakan kita menukar apa yang selama ini kita kejar dengan tempat yang lebih menantang, tapi jelas kita tahu inilah yang menjadi rumah bagi passion kita. 

Dan, sampai saat itu, kita hanya perlu menjalani apa yang kita hadapi saat ini.

Hidup untuk kebahagiaan diri sendiri, dan berbagi kebahagiaan dengan orang lain.

Selamat Hari Jumat!

Source Image: pixabay.com

Comments

Popular Posts