8 Stages of Relationship

Waktu itu saya tak sengaja melihat share yang di-posting oleh teman saya di Facebook. Iseng, saya buka juga video berjudul "Strangers, again" ini. Video ini mengisahkan lika-liku hubungan dua orang manusia yang menurut saya tidak hanya terjadi dalam hubungan percintaan, tetapi juga persahabatan atau hubungan personal lainnya. Tapi kalau untuk hubungan lain selain percintaan, penjelasannya sedikit berbeda :p

Menurut film pendek berdurasi 16,21 menit itu, ada delapan tahap dalam hubungan:
1. Meeting
Seberapa simpelnya pertemuan itu pasti membekas. Tentunya terjadi kalau orang itu membuat kita tertarik.

2. The Chace
Tahap pedekate yang bikin senyam senyum tanpa sebab. SMS, telepon, berhenti hang out sama teman buat kencan, dll.

3. Honeymoon
Ketika kita udah saling mengeksperesikan perasaan masing-masing. Selalu pengin menghabiskan waktu berdua. Pengin melakukan hal-hal yang biasa dilakukan oleh pasangan lainnya.

4. The Comfortable
Tahap ini ketika kita nyaman menjadi diri sendiri di hadapan pasangan. Ada dua efek dari tahap ini, positif dan negatif. Efek positif terjadi ketika keduanya berjuang untuk mempertahankan hubungan dan tumbuh bersama dalam perjuangan itu. Di sisi negatifnya, jika salah satunya berhenti mencoba untuk mempertahankan hubungan, tahap ini akan membuat jarak di antara keduanya.

5. Tolerance
Belajar untuk menghadapi sikap pasangan dan situasi yang memicu konflik. Ketika pasangan tak bisa melalui tahap ini, berantem adalah makanan sehari-hari. Mungkin ada yang mau mengalah. Dan, Setelah itu, salah satu atau keduanya akan meminta maaf untuk membuat keadaan lebih baik. Namun, jika keduanya tak belajar untuk memahami, konflik berdatangan, lalu berantem lagi. Minta maaf lagi. Terus berulang.

6. Downhill
Ketika toleransi semakin tak dijunjung tinggi, penurunan hubungan akan terjadi. Terasa energi yang digunakan untuk memperjuangkan hubungan itu sia-sia. Apapun yang dilakukan selalu salah. Dan, akan teringat oleh konflik-konflik yang tak berujung.

7. Breaking up
Jika merasa semua yang dilakukan tak pernah cukup untuk mempertahankan hubungan, putus adalah jalan terbaik.

8. Strangers, again
Masa awal putus, rasa kangen terus membayangi. Bahkan, ketika rasa itu begitu memuncak, salah satu akan menekan gengsi untuk melakukan sebuah panggilan atau SMS yang membawa kalimat I miss you. Namun, ketika lawannya tak menggubris, maka saat yang tepat untuk move on

Dan, jika bertemu tak sengaja, hubungan yang pernah ada di antara kalian hanya sebatas 'teman'. Maksudnya, teman tapi bukan teman. Ya, harapan masih ada kalau masih sama-sama single. Tapi kalau ketika bertemu lagi, salah satunya udah punya pacar, semuanya udah terasa nggak mungkin. Sebab, jalannya udah benar-benar beda.

Yang ada hanyalah kenangan. Membuang barang-barang yang setia mengisi kamar. Dan mengatakan, "This strangers was most important person in my life."

Video ini menyadarkan saya, memang benar kalau hubungan dua orang itu harus dipertahankan dua orang, mencoba saling mengerti, dan kadang harus mengalah. Jadi, cinta saja memang tidak cukup.

Nih, videonya. Selamat belajar :)


Comments

Popular Posts