Berhenti Peduli?

Ketika kita berhenti bicara
Ketika kita berhenti menunjukkan perhatian
Tak ada yang pernah tahu apa yang sebenarnya terjadi di antara kita

Karena kepedulian itu hanya bisa diungkapkan
Kata adalah ungkapan yang paling masuk akal
Kata yang bisa menjelaskan apakah kita benar-benar masih terikat satu sama lain

Ada bayang yang tak terlihat
Bayang itu bisa menghancurkan tali kita
Namun, bayang itu bisa dihancurkan dengan sebuah tindakan
Tindakan yang masih memberi tanda
Kalau-kalau tali itu masih terikat kuat atau setengah terikat

Kata dan tindakan seperti bulan dan matahari
Yang saling melengkapi satu hari yang panjang

Hanya itu yang bisa kusampaikan

Hanya itu yang bisa menjadi saksi apakah tali ini masih layak untuk saling bertaut

Meski samar-samar aku tahu, tali di antara kita masih nyaman terkait
Namun, kau tahu, tak selamanya itu akan cukup

Kadang aku bisa lelah untuk menebak
Kadang kau bisa lelah untuk berkata
Kadang aku bisa lelah untuk bertindak lebih dulu
Kadang kau bisa lelah untuk berhenti meraih lenganku ketika aku lelah untuk mengejar tali agar tetap masih saling bertaut
Kadang aku bisa lelah untuk berhenti...

Peduli.

Padahal berhenti peduli..
Berarti bayang itu sudah menguasai tali kita
Bayang itu sudah menang

Tali kita benar-benar hilang
Tak akan terganti

Karena ketika tali itu sudah tak saling terkait
Artinya, tak akan ada lagi keterikatan di antara kita
Artinya, tak akan ada lagi tatapan lelah
Artinya, tak akan ada lagi kesulitan untuk menarik-tarik tali agar tetap menyatu
Artinya, tali benar-benar pergi

Dan, cinta hanyalah sebuah nama
Nama yang pernah mengikat tali itu
Karena tak mungkin ada cinta
Karena peduli sudah pergi

Mustahil cinta masih tersisa di tengah bayang yang pernah menyekati tali kita
Ketika kau sudah berhenti berkata
Ketika aku sudah berhenti bertindak
Ketika kau dan aku sudah berhenti saling peduli

Ya, cinta atau bayang sudah tak ada beda

Yang beda, hanyalah kau dan aku
Yang sudah berhenti..
Berhenti untuk saling mencinta

Pergilah bayang
Pergilah tali bersama bayang

Mulailah kembali mencari tali baru untuk diikatkan
Selamanya, kita akan saling mencari (tali baru)
Tanpa tahu (mungkin) cinta masih merangkap menjadi bayang
Bayang yang seharusnya kau dan aku kejar agar tali akan tetap tertaut seperti sedia kala.

Namun, semua sudah terlambat
Tak ada yang perlu disesali
Agar dunia selalu berubah

Ketika kau dan aku tak pernah menerima perubahan itu
Kurasa kita masih bisa kembali mengaitkan tali yang pernah putus
Karena kita tak pernah tahu
Kalau kita mungkin bisa memperbaiki kata
Kalau kita mungkin bisa memperbaiki tindakan
Kalau kita mungkin bisa saling peduli (lagi)
Kalau kita mungkin masih (saling) cinta

Tanyalah dunia!
Apakah siap berubah?


J.A


Comments

  1. Website paling ternama dan paling terpercaya di Asia
    Sistem pelayanan 24 Jam Non-Stop bersama dengan CS Berpengalaman respon tercepat
    Memiliki 8 Jenis game yang sangat digemari oleh seluruh peminat poker / domino
    Link Alternatif :
    arena-domino.club
    arena-domino.vip
    100% Memuaskan ^-^

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts