Ajaibnya..

Ada hal-hal yang nggak pernah disadari sebelum orang lain mengatakannya pada kita. Mungkin itu sebabnya kenapa manusia nggak pernah bisa hidup sendiri. Mungkin itu sebabnya manusia membutuhkan orang lain. Bukan hanya untuk bertahan hidup, untuk mengingatkan bahwa dunia itu tak hanya diisi oleh pemikiran orang itu saja.

Kadang saya takjub bisa mengetahui apa yang orang lain pikirkan tentang saya. Sebab, hal-hal itulah yang tak pernah saya sadari sebelumnya. Mulai dari hal yang kecil hingga hal yang sebenarnya saya kubur dalam-dalam di benak sayaalam bawah sadar. Ketika hal-hal itu diungkapkan pada saya, ajaibnya saya merasa lebih manusia. Lucu.

Mungkin ada kalanya manusia perlu peduli dengan apa yang manusia lain katakan tentang dirinya. Bohong, kalau tak peduli dengan apa yang orang lain katakan. Sebab, pada dasarnya, manusia itu tak bisa hidup sendiri. Manusia akan selalu peduli dengan (kata) orang lain. Ya, itulah sejatinya dari manusia.
 


Comments

Popular Posts