4 Huruf: INFP


"The best car in the world will not take you to the right place if you do not know where you want to go."


Saya membaca kalimat itu setelah mengikuti tes kepribadian online (yang ada 16 jenis itu loh). Dalam penjabarannya, dijelaskan juga apa yang diajukan untuk karakter saya, yaitu mengetahui apa yang saya inginkan agar bisa menyusun rencana ke depan dalam hidup. Jleb.


Kalau dipikir-pikir, kalimat itu rasanya perumpaan yang bagus untuk hidup. Tak ada yang lebih penting daripada mengetahui apa yang kita inginkan dalam hidup. Ya, hal kecil, misal apa yang menjadi hobi, karakter diri berikut kekurangannya, tipe yang diinginkan untuk pasangan, sampai karier.


Yak, semakin tua umur saya sadar (ehem!), planning beserta deadline untuk hidup itu penting (thanks to thesis!). Well, memang agak terlambat sadarnya, tapi, ya, tak ada kata 'terlambat' untuk hal positif, toh?

Tapi untuk mengubah diri sendiri menjadi lebih baik untuk masa depan cerah (cieilah!), tentunya harus introspeksi dulu. Kata seorang bijak bernama Mario Teguh, "Name your problem". Artinya, kita harus tahu apa yang salah dari diri kita agar bisa mengubahnya.

Semangat! :D

Comments

Popular Posts